RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : SLB Ananda Mandiri
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Satuan Pendidikan : SMPLB – C
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Rangka dan Panca Indera Manusia
waktu : 4 x 45 menit (3 X pertemuan)
Metode : Ceramah dan praktek
A. Standar Kompetensi :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
C. Indikator
@ Menjelaskan rangka manusia
@ Menjelaskan fungsirangka manusia
D. Tujuan Pembelajaran**:
o Siswa dapat Mendeskripsikan rangka manusia seperti:
ü rangka kepala
ü rangka badan
ü rangka anggota gerak
ü sendi
secara Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian
( carefulness)
o Siswa dapat Mendeskripsikan fungsi rangka manusia :
o Siswa dapat memahami hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
o Menjelaskan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
& Karakter siswa yang diharapkan : | F Disiplin ( Discipline ), F Rasa hormat dan perhatian ( respect ), F Tekun ( diligence ) , F Tanggung jawab ( responsibility ) F Ketelitian ( carefulness) |
E. Materi Essensial
Rangka dan Panca Indera Manusia
o Mengenal Rangka Manusia (hlm.2)
o Fungsi rangka (hlm.6)
Kerangka manusia terdiri dari kedua menyatu dan individu tulang didukung dan dilengkapi oleh ligamen , tendon , otot dan tulang rawan . It serves as a scaffold which supports organs, anchors muscles, and protects organs such as the brain , lungs and heart . Ini berfungsi sebagai perancah yang mendukung organ-organ, jangkar otot, dan melindungi organ seperti otak , paru-paru dan jantung . The biggest bone in the body is the femur in the thigh, and the smallest is the stapes bone in the middle ear . Tulang terbesar dalam tubuh adalah tulang paha di paha, dan yang terkecil adalah stapes tulang di telinga tengah . In an adult, the skeleton comprises around 30-40% of the total body weight, [ 1 ] and half of this weight is water. Dalam orang dewasa, tulang terdiri dari sekitar 30-40% dari berat total tubuh, [1] dan setengah dari berat ini adalah air.
Fused bones include those of the pelvis and the cranium . tulang Fused termasuk orang-orang dari panggul dan tengkorak . Not all bones are interconnected directly: there are three bones in each middle ear called the ossicles that articulate only with each other. Tidak semua tulang saling berhubungan langsung: ada tiga tulang di setiap telinga tengah disebut ossicles yang mengartikulasikan hanya dengan satu sama lain. The hyoid bone , which is located in the neck and serves as the point of attachment for the tongue , does not articulate with any other bones in the body, being supported by muscles and ligaments. The tulang hyoid , yang terletak di leher dan berfungsi sebagai titik lampiran untuk lidah , tidak mengartikulasikan dengan tulang lainnya di dalam tubuh, yang didukung oleh otot dan ligamen.
F. Media Belajar
o Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
G. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan 1 | |||||||||
Apersepsi dan Motivasi : o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) | ||||||||
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Memahami peta konsep tentang rangka manusia F Membacakan bagian-bagian rangka, serta membandingkan tulang bayi dan manusia dewasa & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Mendeskripsikan rangka manusia: - rangka kepala - rangka badan - rangka anggota gerak - sendi F Siswa menyebutkan rangka kepala
F Siswa menyebutkan rangka badan
& Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru: F Mengulang kembali rangka tubuh manusia dengan fungsinya | ( 50 menit) | ||||||||
(5 menit) | |||||||||
o Mengambar rangka badan manusia | |||||||||
Pertemuan 2 | |||||||||
Apersepsi dan Motivasi : o Mengumpulkan pekerjaan rumah o Mengulang materi pertemuan sebelumnya | (5 menit) | ||||||||
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Menagih tugas pertemuan sebelumnya F Mendeskripsikan Rangka anggota gerak F Mendeskripsikan Sendi :
& Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Menunjukkan letak sendi yang terdapat pada bagian tubuh manusia secara Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness). F Mendeskripsikan fungsi rangka, berdasarkan contoh gerak sehari-hari, atau mengamati temannya. Apa yang terjadi bila manusia tidak memiliki rangka. F Melakukan kegiatan F Membuat kesimpulan dari kegiatan. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru: F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa untuk menyebutkan anggota tubuh yang terdapat sendi | (50 menit) | ||||||||
(5 menit) | |||||||||
F Mengambar rangka badan manusia | |||||||||
Pertemuan 3 | |||||||||
Apersepsi dan Motivasi : o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator | (5 menit) | ||||||||
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Mendeskripsikan penyakit yang menyerang tulang F Mengetahui bersikap tubuh yang benar. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Melakukan kegiatan F Mengetahui beberapa gangguan pada tulang belakang seperti: - Lordosis - Kifosis - Skoliosis F Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan yang mengandung viitamin D, kalsium dan fosfor serta berolah raga secara teratur.. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru: F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang memelihara kesehatan rangka. | (50 menit) | ||||||||
(5 menit) | |||||||||
F Membuat daftar makanan yang mengandung vitamin D, kalsium dan fosfor |
H. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya. | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan dan Unjuk kerja | Jelaskanlah rangka manusia dan fungsinya. |
I. Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
& LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui, Kepala SLB Ananda Mandiri ( BASUKI RAKHMAT, S.Pd ) NIP: 196905122007011010 | ..... Oktober 2011 Guru Kelas ( N U R I M A M ) NIP: - |
Posting Komentar
Posting Komentar