Program Khusus : BKPBI Non Bahasa
Standar Kompetensi : Mendeteksi bunyi-bunyi di sekitarnya dengan menggunakan alat bantu mendengar
(ABM) atau tanpa menggunakan ABM, sebatas sisa pendengaran anak.
Kompetensi Dasar : Menyadari ada dan tidak ada bunyi tertentu (lonceng) yang diperdengarkan langsung
secara terprogram.
Indikator :
Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu meningkatkan kepekaan fungsi pendengaran dan perasaan vibrasi untuk menyadari
ada dan tidak ada bunyi dengan menggunakan atau tanpa menggunakan ABM agar dapat
berkomunikasi dengan lingkungannya.
KEGIATAN:
• Guru menempatkan siswa sesuai dengan kondisi serta melakukan
pengecekan ABM (bila menggunakan) kemudian dilanjutkan dengan
percakapan, dimana hasil percakapan itu digunakan sebagai titik tolak respon
untuk materi yang akan dilaksanakan pada saat itu.
• Siswa memperhatikan dan mendengarkan bunyi yang diperdengarkan guru
dengan memanfaatkan semua inderanya (penglihatan, vibrasi, pendengaran)
secara klasikal maupun kelompok, kemudian siswa mereaksi ada atau tidak
ada bunyi yang diperdengarkan guru dengan memberikan respon berupa:
gerakan, membunyikan, mengucapkan kata, menuliskan kata, atau bermain
peran. Kegiatan ini dilanjutkan dengan mereaksi bunyi menggunakan indera
pendengaran saja.
• Guru melakukan pengamatan dari reaksi yang dilakukan siswa.
EVALUASI
• Guru memilih salah satu respon yang harus dilakukan anak untuk evaluasi.
• Siswa mereaksi bunyi yang diperdengarkan guru secara acak.
• Guru mengamati dan mencatat respon anak pada lembar pengamatan.
LEMBAR PENGAMATAN SISWA
Nama : ……………………………………………………
Kelas, semester : 1/1
Data Pendengaran : kanan: … dB kiri : … dB
ABM : Memakai/Tidak memakai Jenis : ………
Materi : ………………………………………………………….
Nilai Perolehan : …………………………………………………………
Catatan:
Reaksi benar nilai : 1
Reaksi salah nilai : 0
Respon siswa yang salah diisi pada kolom keterangan
LEMBAR PENGAMATAN SISWA
Nama : Greg
Kelas, semester : 1/1
Data Pendengaran : kanan: 90dB kiri : 110 dB
ABM : Memakai/Tidak memakai * Jenis :Belakang Telinga (BTE )**
Materi : Deteksi ada bunyi dan tidak ada bunyi lonceng.***
Nilai Perolehan : B
Catatan:
Reaksi benar nilai : 1
Reaksi salah nilai : 0
Rumus Perhitungan Prosentase Penilaian:
NILAI PEROLEHAN = Score Perolehan x 100%
Score maksimal
Kriteria Penilain
A : 90% - 100%
B : 70% - 89%
C : 55% - 69%
K : ≤ 54%
Dari nilai perolehan ini dapat dideskripsikan sebagai berikut:
A : Siswa mampu mendeteksi bunyi lonceng dengan hasil sempurna
B: Siswa mampu mendeteksi bunyi lonceng dengan hasil baik.
C: Siswa mulai mampu mendeteksi bunyi lonceng
K: Siswa belum mampu mendeteksi bunyi lonceng
Standar Kompetensi : Mendeteksi bunyi-bunyi di sekitarnya dengan menggunakan alat bantu mendengar
(ABM) atau tanpa menggunakan ABM, sebatas sisa pendengaran anak.
Kompetensi Dasar : Menyadari ada dan tidak ada bunyi tertentu (lonceng) yang diperdengarkan langsung
secara terprogram.
Indikator :
10. Mampu memberikan reaksi ada bunyi lonceng dengan bertepuk tangan.Program Khusus : BKPBI Non Bahasa
11. Mampu memberikan reaksi tidak ada bunyi lonceng dengan melipat tangan.
12. Mampu memberikan reaksi ada bunyi lonceng dengan membunyikan lonceng.
13. Mampu memberikan reaksi tidak ada bunyi lonceng dengan diam saja.
14. Mampu memberikan reaksi ada bunyi lonceng dengan mengucapkan ada bunyi
15. Mampu memberikan reaksi tidak ada bunyi lonceng dengan mengucapkan tidak ada bunyi
16. Mampu memberikan reaksi ada bunyi lonceng dengan menuliskan ada bunyi.
17. Mampu memberikan reaksi tidak ada bunyi lonceng dengan menuliskan tidak ada bunyi.
18. Mampu memberikan reaksi ada bunyi lonceng dengan bermain peran pembeli es lilin.
Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu meningkatkan kepekaan fungsi pendengaran dan perasaan vibrasi untuk menyadari
ada dan tidak ada bunyi dengan menggunakan atau tanpa menggunakan ABM agar dapat
berkomunikasi dengan lingkungannya.
KEGIATAN:
• Guru menempatkan siswa sesuai dengan kondisi serta melakukan
pengecekan ABM (bila menggunakan) kemudian dilanjutkan dengan
percakapan, dimana hasil percakapan itu digunakan sebagai titik tolak respon
untuk materi yang akan dilaksanakan pada saat itu.
• Siswa memperhatikan dan mendengarkan bunyi yang diperdengarkan guru
dengan memanfaatkan semua inderanya (penglihatan, vibrasi, pendengaran)
secara klasikal maupun kelompok, kemudian siswa mereaksi ada atau tidak
ada bunyi yang diperdengarkan guru dengan memberikan respon berupa:
gerakan, membunyikan, mengucapkan kata, menuliskan kata, atau bermain
peran. Kegiatan ini dilanjutkan dengan mereaksi bunyi menggunakan indera
pendengaran saja.
• Guru melakukan pengamatan dari reaksi yang dilakukan siswa.
EVALUASI
• Guru memilih salah satu respon yang harus dilakukan anak untuk evaluasi.
• Siswa mereaksi bunyi yang diperdengarkan guru secara acak.
• Guru mengamati dan mencatat respon anak pada lembar pengamatan.
LEMBAR PENGAMATAN SISWA
Nama : ……………………………………………………
Kelas, semester : 1/1
Data Pendengaran : kanan: … dB kiri : … dB
ABM : Memakai/Tidak memakai Jenis : ………
Materi : ………………………………………………………….
Nilai Perolehan : …………………………………………………………
Catatan:
Reaksi benar nilai : 1
Reaksi salah nilai : 0
Respon siswa yang salah diisi pada kolom keterangan
LEMBAR PENGAMATAN SISWA
Nama : Greg
Kelas, semester : 1/1
Data Pendengaran : kanan: 90dB kiri : 110 dB
ABM : Memakai/Tidak memakai * Jenis :Belakang Telinga (BTE )**
Materi : Deteksi ada bunyi dan tidak ada bunyi lonceng.***
Nilai Perolehan : B
Catatan:
Reaksi benar nilai : 1
Reaksi salah nilai : 0
Rumus Perhitungan Prosentase Penilaian:
NILAI PEROLEHAN = Score Perolehan x 100%
Score maksimal
Kriteria Penilain
A : 90% - 100%
B : 70% - 89%
C : 55% - 69%
K : ≤ 54%
Dari nilai perolehan ini dapat dideskripsikan sebagai berikut:
A : Siswa mampu mendeteksi bunyi lonceng dengan hasil sempurna
B: Siswa mampu mendeteksi bunyi lonceng dengan hasil baik.
C: Siswa mulai mampu mendeteksi bunyi lonceng
K: Siswa belum mampu mendeteksi bunyi lonceng
Posting Komentar
Posting Komentar