& Karakter siswa yang diharapkan : | F Disiplin ( Discipline ), F Rasa hormat dan perhatian ( respect ), F Tekun ( diligence ) , F Tanggung jawab ( responsibility ) F Ketelitian ( carefulness) |
Pertemuan 1 | |||||||||
Apersepsi dan Motivasi : o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) | ||||||||
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Memahami peta konsep tentang rangka manusia F Membacakan bagian-bagian rangka, serta membandingkan tulang bayi dan manusia dewasa & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Mendeskripsikan rangka manusia: - rangka kepala - rangka badan - rangka anggota gerak - sendi F Siswa menyebutkan rangka kepala
F Siswa menyebutkan rangka badan
& Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru: F Mengulang kembali rangka tubuh manusia dengan fungsinya | ( 50 menit) | ||||||||
(5 menit) | |||||||||
o Mengambar rangka badan manusia | |||||||||
Pertemuan 2 | |||||||||
Apersepsi dan Motivasi : o Mengumpulkan pekerjaan rumah o Mengulang materi pertemuan sebelumnya | (5 menit) | ||||||||
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Menagih tugas pertemuan sebelumnya F Mendeskripsikan Rangka anggota gerak F Mendeskripsikan Sendi :
& Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Menunjukkan letak sendi yang terdapat pada bagian tubuh manusia secara Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness). F Mendeskripsikan fungsi rangka, berdasarkan contoh gerak sehari-hari, atau mengamati temannya. Apa yang terjadi bila manusia tidak memiliki rangka. F Melakukan kegiatan F Membuat kesimpulan dari kegiatan. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru: F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa untuk menyebutkan anggota tubuh yang terdapat sendi | (50 menit) | ||||||||
(5 menit) | |||||||||
F Mengambar rangka badan manusia | |||||||||
Pertemuan 3 | |||||||||
Apersepsi dan Motivasi : o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator | (5 menit) | ||||||||
& Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru: F Mendeskripsikan penyakit yang menyerang tulang F Mengetahui bersikap tubuh yang benar. & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru: F Melakukan kegiatan F Mengetahui beberapa gangguan pada tulang belakang seperti: - Lordosis - Kifosis - Skoliosis F Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan yang mengandung viitamin D, kalsium dan fosfor serta berolah raga secara teratur.. & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Dalam kegiatan penutup, guru: F Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang memelihara kesehatan rangka. | (50 menit) | ||||||||
(5 menit) | |||||||||
F Membuat daftar makanan yang mengandung vitamin D, kalsium dan fosfor |
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya. | Tugas Individu dan Kelompok | Laporan dan Unjuk kerja | Jelaskanlah rangka manusia dan fungsinya. |
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. |
Mengetahui, Kepala SLB Ananda Mandiri ( BASUKI RAKHMAT, S.Pd ) NIP: 196905122007011010 | ..... Oktober 2011 Guru Kelas ( N U R I M A M ) NIP: - |
Posting Komentar
Posting Komentar