C. Landasan Pedagogis Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
•Pendidikan adalah upaya sadar untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal,yang tidak boleh dilepaskan dari lingkungan peserta didik berada, terutama dari lingkungan budayanya.
•Budaya, yang menyebabkan peserta didik tumbuh dan berkembang, dimulai dari budaya di lingkungan terdekat (kampung, RT, RW, desa) berkembang ke lingkungan yang lebih luas yaitu budaya nasional bangsa dan budaya universal yang dianut oleh ummat manusia.
•Fungsi utama pendidikan yang diamanatkan dalam UU Sisdiknas, “mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa”. Oleh karena itu, aturan dasar yang mengatur pendidikan nasional (UUD 1945 dan UU Sisdiknas) sudah memberikan landasan yang kokoh untuk mengembangkan keseluruhan potensi diri seseorang sebagai anggota masyarakat dan bangsa.
•Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Pasal 6 ayat (2) mencakup strategi pemnagunan nasional antaranya butir: a. pelaksanaan pendidikan agama serta aklak mulia, l.pusat pembudayaan dan pembangunan masyarakat.
•Pendidikan adalah suatu proses enkulturasi, berfungsi mewariskan nilai-nilai dan prestasi masa lalu ke generasi mendatang. Nilai-nilai dan prestasi itu merupakan kebanggaan bangsa dan menjadikan bangsa itu dikenal oleh bangsa-bangsa lain.
•Proses pengembangan nilai-nilai yang menjadi landasan dari karakter itu menghendaki suatu proses yang berkelanjutan, dilakukan melalui berbagai mata pelajaran yang ada dalam kurikulum (kewarganegaraan, sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, bahasa Indonesia, IPS, IPA, matematika, agama, pendidikan jasmani dan olahraga, seni, serta ketrampilan).
D. Fungsi Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
Fungsi pendidikan budaya dan karakter bangsa adalah:
1. Pengembangan: pengembangan potensi peserta didik untuk menjadi pribadi berperilaku baik; ini bagi peserta didik yang telah memiliki sikap dan perilaku yang mencerminkan budaya dan karakter bangsa;
2. Perbaikan: memperkuat kiprah pendidikan nasional untuk bertanggung jawab dalam pengembangan potensi peserta didik yang lebih bermartabat; dan
E. Tujuan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
Tujuan pendidikan budaya dan karakter bangsa adalah:
1.Mengembangkan potensi kalbu/nurani/afektif peserta didik sebagai manusia dan warganegara yang memiliki nilai-nilai budaya dan karakter bangsa;
2. Mengembangkan kebiasaan dan perilaku peserta didik yang terpuji dan sejalan dengan nilai-nilai universal dan tradisi budaya bangsa yang religius;
3. Menanamkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab peserta didik sebagai generasi penerus bangsa;
4. Mengembangkan kemampuan peserta didik menjadi manusia yang mandiri, kreatif, berwawasan kebangsaan; dan
5. Mengembangkan lingkungan kehidupan sekolah sebagai lingkungan belajar yang aman, jujur, penuh kreativitas dan persahabatan, serta dengan rasa kebangsaan yang tinggi dan penuh kekuatan (dignity).
About Author
Efek dari Tuntutan Kerjaan, Kesenangan Dan Kemajuan Dunia Lama-Lama Ketertarikan Itu Muncul. Saya Bertanya Dan Menjawab sendiri Serta Menggali Dengan Mencoba Dan Mencoba Terus Menerus. Akhirnya Keseharian Ini Sepi Tanpa Internet.. Bersyukur Kalo Berguna Buat Orang Lain.. Dan Minimal Berguna Buat Diri Sendiri...
Advertisement

Related Posts
- Guru dan Siswa Dalam Pembelajaran Kontekstual14 Feb 20130
KONSEP belajar aktif sudah dikembangkan oleh Confusius, 2400 tahun yang silam dengan mengemukakan te...Read more »
- Treatment Motorik Anak L D16 Jan 20130
TREATMEN MASALAH MOTORIK PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR (1) dari Catatan ...Read more »
- 11 Cara Membuat Rpp Berkarakter09 May 20121
BAGAIMANA CARAMEMBUAT RPP BERKARAKTER SESUAI BSNPHarus memenuhi 12 Komponen RPP dibawah iniIde...Read more »
- 6 PRINSIP PENYUSUNAN RPP BERKARAKTER (EKSPLORASI, ELABORASI, KONFIRMASI)09 May 20120
Enam Prinsip Penyusunan RPP Berkarakter1. Memperhatikan perbedaan individu peserta didikRPP dis...Read more »
- Belajar Aktif; Apa Mengapa dan Bagaimana14 Apr 20110
Pendahuluan “Pelaksanaan kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD yan...Read more »
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Posting Komentar
Posting Komentar