Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : SLB Ananda Mandiri
Tema : Kebersihan
Kelas/Semester : I / 2
Alokasi Waktu : 3 minggu
A. STANDAR KOMPETENSI
1. PKn : Menerapkan hak anak di rumah dan di sekolah.
2. IPS : Mendeskripsikan lingkungan rumah.
3. IPA/ Sains : Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan
sehari-hari.
4. Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai
dengan dua angka dalam pemecahan masalah.
5. Bahasa Indonesia :
· Mendengarkan : Memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan
dongeng.
· Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan gambar, percakapan sederhana dan dongeng.
· Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan
membaca puisi anak.
· Menulis : Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung
melalui dikte dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Kerajinan : Mengapresiasi karya seni musik.
B. KOMPETENSI DASAR
1. IPS :
· Menceritakan kembali peristiwa penting.
2. IPA :
· Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan benda yang sulit bergerak melalui percobaan.
· Mengidentifikasi penyebab benda bergerak ( batere, per/ pegas, dorongan tangan dan magnet )
3. PKN :
- Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah.
4. Matematika :
- Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan
- Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka.
5. Bahasa Indonesia :
Mendengarkan :
· Mengulang deskripsi tentang benda benda di sekitar.
· Menyebutkan isi dongeng.
Berbicara :
· Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alas an sederhana..
Membaca :
· Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
· Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis :
· Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
· Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung.
6. Seni Budaya dan Keterampilan :
· Mengidentifikasi unsure / elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Sisawa dapat :
· Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami berdasarkan cerita orang tua atau orang lain.
· Menyebutkan peristiwa yang pernah terjadi di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang tua / orang lain
· Memperagakan cara menggerakkan benda
· Menyebutkan bentuk gerak.
· Menjelaskan penyebab gerak.
· Menunjukkan batere, pegas, dorongan tangan, magnet sebagai sumber energi gerak
· Menjelaskan cara menyampaikan keinginan yang baik dan sopan kepada orang tua.
· Menceritakan kembali pengalaman bermain yang sangat berkesan .
· Menyebutkan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang dapat dilakukan di rumah atau di sekolah.
· Berani bertanya tentang pelajaran yang sulit dengan cara yang sopan
· Menuliskan bilangan 2 angka dalam bentuk penjumlahan puluhan dan satuan.
· Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan.
· Menjumlah 2 bilangan dengan tanpa menyimpan
· Penjumlahan bilangan secara bersusun pendek ( 2 angka dengan 1 angka tanpa menyimpan )
· Penjumlahan secara bersusun panjang.
· Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru
· Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
· Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru.
· Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
· Menyebutkan tokoh dalam dongeng
· Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
· Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
· Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
· Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu kegiatan
· Memberikan alas an mengapa suatu benda tau kegiatan disukai atau tidak disukai.
· Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
· Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
· Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
· Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
· Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan benar
· Mendeklamasikannya sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam gerak dan mimik yang sesuai.
· Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
· Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
· Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
· Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain
· Menentukan sumber bunyi.
· Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
· Membedakan menguat dan melemahnya bunyi dengan gerakan atau tepukan.
v Karakter siswa yang diharapkan :
- Disiplin ( Discipline )
- Tekun ( diligence )
- Tanggung jawab ( responsibility )
- Ketelitian ( carefulness)
- Kerja sama ( Cooperation )
- Toleransi ( Tolerance )
- Percaya diri ( Confidence )
- Keberanian ( Bravery )
D. MATERI AJAR ( Materi Pokok ) :
· Hak anak di rumah dan disekolah.
· Peristiwa yang pernah dialami
· Energi dan perubahannya
· Oprasi hitung bilangan.
· Gambar tunggal atau gambar seri.
· Dongeng.
· Menyampaikan rasa suka atau tidak suka
· Membaca lancar
· Membaca puisi anak
· Menulis huruf sambung.
· Menyalin puisi
· Unsur-unsur bunyi dan musik melalui pengalaman musik.
E. METODA PEMBELAJARAN
· Ceramah
· Diskusi.
· Tanya jawab.
· Demontrasi.
· Pemberian tugas.
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
· Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
· Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
· Mengumpulkan tugas/ PR
· Mengulang dan mengingatkan pelajaran yang telah lalu.
2. Kegiatan inti :
v Minggu I
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi :
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Atas permintaan guru siswa memberikan contoh yang biasa dilakukan ketika menyampaikan keinginan kepada orang tua.
· Memberikan tanggapan dan penilaian pada setiap tampilan siswa.
· Memberi pujian dan penguatan kepada siswa yang menyampaikan keinginannya dengan cara dan bahasa yang sopan.
· Menjelaskan alasan mengapa ketika meminta/ menyampaikan keinginan tersebut harus dilakukan dengan cara dan bahasa yang sopan.
· Menjelaskan bahwa benda yang berbentuk bola lebih mudah bergerak dibandingkan bentuk lain.
· Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis.( 24 + 12 )
§ Elaborasi :
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Siswa memperagakan sesuai dengan cara dan bahasa yang sopan.
· Melalui peragaan siswa dapat memeperagaakan cara menggerakkan benda.
· Setelah dapat memperagakan ,siswa mengambil kesimpulan bentuk benda mempengaruhi mudah dan sulitnya benda bergerak.
· Menyebutkan bermacam bentuk benda ( benda yang besar, kecil, segi tiga, kerucut, bola, kubus, tak beraturan, tabung)
· Menguraikan masing-masing bilangan sesuai dengan nilai tempat yang tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
· Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
· Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
· Mengerjakan soal-soal latihan.
§ Konfirmasi :
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
· Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis.( 32 + 15 )
· Mengamati benda/ model yang ditunjukkan oleh guru.
· Menyimak contoh deskripsi yang disampaikan guru dari benda tersebut.
· Meniru/ mengulang deskripsi yang sesuai dengan deskripsai guru.
· Menyimak deskripsi yang disampaikan guru, siswa menyebutkan nama benda yang sesuai dengan namanya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Mencari benda lain dan mendeskripsikannya dengan bimbingan guru.
· Menceritakan peristiwa yang pernah dialami yang paling berkesan.
· Memberi pendapat pada cerita yang didengar dari temannya.
· Mengambil kesimpulan dari cerita yang didengar.
· Menguraikan masing-masing bilangan sesuai dengan nilai tempat yang tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
· Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan satuan dan satuan.
· Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
· Mengerjakan soal-soal latihan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
· Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Menyimak dongeng yang disampaikan guru.
· Memberi tanggapan positif terhadap penampilan siswa.
· Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis.( 31 + 17)
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Menyebutkan tokoh dalam dongeng tersebut.
· Memperagakan tingkah laku tokoh dalam dongeng tersebut di depan kelas.
· Menguraikan masing-masing bilangan sesuai dengan nilai tempat yang tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
· Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
· Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
· Mengerjakan soal-soal latihan.
· Dari peragaan menggerakkan benda, siswa menjelaskan bentuk gerak benda.
· Melalui peragaan langsung siswa dapat menyebutkan bahwa benda dapat bergerak bila didorong, ditendang, ditarik, ada yang bergerak ke depan, ke samping, ke belakang dan ada pula yang bergerak berputar.
· Setelah melakukan peragaan siswa mengerjakan LKS.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
· Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 mnt.( Bahasa Indonesia, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Mengingat kembali dongeng yang disampaikan guru dengan menyampaikan ringkasannya.
· Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng .
· Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis.( 14 + 32 )
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng yang telah didengarkan.
· Menceritakan isi dongeng dengan bahasa yang dimengerti.dengan menggunakan kalimat sendiri.
· Menguraikan masing-masing bilangan sesuai dengan nilai tempat yang tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
· Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
· Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
· Mengerjakan soal-soal latihan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
· Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis.( 25 + 11 )
· Melalui cerita guru tentang hal yang disukai dan hal yang tidak disukai, siswa termotivasi untuk menyampaikan pengalamannya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Menguraikan masing-masing bilangan sesuai dengan nilai tempat yang tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
· Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
· Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
· Mengerjakan soal-soal latihan
· Siswa menyampaikan hal yang disukai baik benda maupun kegiatan secara individual.
· Siswa menyampaikan hal yang tidak disukai baik benda maupun kegiatan secara individual.
· Menuliskan kesukaan dan ketidak sukaan pada suatu kegiatan pada Lembar Kerja secara individual.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
· Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3x 35 menit (IPS, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Diawali cerita guru tentang masa kecil atau tentang peristiwa yang berkesan, siswa termotivasi untuk menceritakan peristiwa yang pernah dialaminya.
· Secara bergilir untuk anak yang mempunyai keberanian , menceritakan pengalaman/ peristiwa yang berkesan kepada teman-temannya.
· Siswa lain memberi tanggapan terhadap penampilan temannya.
· Mengingat kembali hal yang disukai dan yang tidak disukai.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Melalui peragaan langsung siswa dapat membedakan sumber bunyi alam dan non alam.
· Melakukan peragaan, membunyikan alat musik alami, yaitu tepuk tanan, petik jari, tepuk paha, injak bumi.
· Meragakan secara langsung benda sebagai sumber bunyi, botol dipukul olh sendok, lonceng, piring, gelas, dll.
· Menggabungkan semua sumber suara dengan irama yang sederhana.
· Melalui peragaan, siswa menyebutkan sumber bunyi yang ada di sekitar siswa.
· Menyampaikan alasan mengapa benda / kegiatan tersebut disukai.
· Menyampaikan alasan mengapa suatu benda/ kegiatan tidak disukai.
· Membuat kesimpulan bersama – sama, bahwa setiap manusia mempunyai rasa suka atau tidak suka yang tidak sama.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
· Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
v Minggu II
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Melalui contoh yang disampaikan guru, siswa mengingat kembali pengalaman bermain yang mengesankan sebagai bukti hak anak telah dirasakan.
· Memberikan beberapa contoh benda yang bergerak karena diberi energi ( gerobak dapat bergerak karena diberi energi melalui dorongan tangan, mobil bergerak karena menggunakan bensin bola masuk gawang melalui energi tendangan kaki).
· Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek 23
23 +
……….
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Siswa menceritakan pengalaman bermain bersama teman, adik atau anggota keluarga yang lain.
· Dengan bimbingan guru siswa mengambil kesimpulan dari setiap pengalaman bermain tersebut sebagai ilmu pengetahuan.
· Memberikan penghargaan bagi siswa yang baik dalam menyampaikan ceritanya.
· Melalui pengamatan pada model dan demontrasi siswa dapat menemukan fakta bahwa benda dapat bergerak karena diberi tenaga disebut juga energi.
· Setelah menyebutkan penyebab dari benda bergerak ( ada energi ) siswa dapat menemukan fakta sumber energi dari taip benda bergerak ( makanan sumber energi manusia, bensin sumber energi bagi kendaraan, batu batre sumber energi bagi mobil-mobilan, listrik sumber energi bagi TV radio lemari es dll.)
· Menunjukkan nilai tempat pada masing-masing bilangan dengan tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
· Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
· Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
· Mengerjakan soal-soal latihan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
· Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Memperhatikan wacana pendek yang terdiri dari 3 – 5 kata yang ditulis oleh guru di papan tulis. 22 +
· Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek 15
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat untuk tiap kalimat.
· Membaca kalimat secara individual, kelompok dan klasikal dengan suara nyaring.
· Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek.
· Melakukan tanya jawab tentang isi bacaan.
· Diawali cerita guru tentang peristiwa yang menyenangkan., memotivasi siswa untuk mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialaminya.
· Menceritakan pengalaman yang menyenangkan kepada teman atau guru dengan cara tidak formal ( anatar guru – siswa ). Siswa duduk dengan cara berkelompok.
· Memberi tanggapan san sambutan positif bagi siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi bagi siswa yang masih malu
· Menunjukkan nilai tempat pada masing-masing bilangan dengan tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
· Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
· Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
· Mengerjakan soal-soal latihan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
· Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Memperhatikan wacana pendek yang terdiri dari 3 – 5 kata yang ditulis oleh guru di papan tulis.
· Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek 14
15 +
......
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat untuk tiap kalimat.
· Membaca kalimat secara individual, kelompok dan klasikal dengan suara nyaring.
· Membaca dengan memperhatikan tempat jeda panjang .
· Melakukan tanya jawab tentang isi bacaan.
· Menunjukkan nilai tempat pada masing-masing bilangan dengan tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
· Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
· Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
· Mengerjakan soal-soal latihan
· Melalui diskusi kelompok sederhana, siswa menyusun daftar gerak benda dan sumber geraknya.
· Melaporkan hasil diskusi di hadapan teman-temannya.
· Memberikan tanggapan positif terhadap hasil diskusi siswa/ temannya.
· Membuat kesimpulan bersama.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
· Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Memperhatikan penggalan cerita yang terdiri dari 5– 7 baris yang ditulis oleh guru di papan tulis.
· Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek 16
32+
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat untuk tiap kalimat.
· Membaca kalimat secara individual, kelompok dan klasikal dengan suara nyaring.
· Membaca dengan memperhatikan kata tertentu sesuai tema..
· Mencari arti kata yang diberi tanda khusus.
· Membuat kaliamt dari kata yang mempunyai arti khusus.
· Menunjukkan nilai tempat pada masing-masing bilangan dengan tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
· Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
· Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
· Mengerjakan soal-soal latihan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
· Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Menyimak puisi yang dibagikan kepada siswadari syair lagu anak-anak.
· Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek 17
22 +
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Menunjukkan nilai tempat pada masing-masing bilangan dengan tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
· Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
· Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
· Mengerjakan soal-soal latihan
· Membaca puisi dengan intonasi dan lafal yang baik dengan bimbingan guru secara klasikal.
· Membacakan puisi di depan kelas.
· Memberikan tanggapan positif terhadap penampilan siswa.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
· Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 4 x 35 menit ( Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Melalui peragaan langsung siswa dapat membedakan sumber bunyi yang menguat dan melemah melalui tepukan atau gerakan.
· Melalui peragaan, siswa menyebutkan sumber bunyi yang dapat menguat dan melemah.
· Menceritakan pengalaman yang menyenangkan kepada teman atau guru dengan cara tidak formal ( anatar guru – siswa ). Siswa duduk dengan cara berkelompok.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Melakukan peragaan, membunyikan alat musik alami, yaitu tepuk tanan, petik jari, tepuk paha, injak bumi dengan teknik menguat dan melemah.
· Meragakan secara langsung benda sebagai sumber bunyi, botol dipukul olh sendok, lonceng, piring, gelas, dengan teknik menguat dan melamah.
· Menggabungkan semua sumber suara dengan irama yang sederhana.
· Mengingat kembali puisi yang telah dihapalkan bersama.
· Mendeklamasikan di depan kelas tanpa membawa catatan.
· Mengekspresikan dalam gerak dan mimic yang sesuai dan wajar.
· Memberi penilaian terhadap siswa yang telah berani dan hafal puisi tersebut.
· Diawali cerita guru tentang peristiwa yang menyenangkan., memotivasi siswa untuk mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialaminya.
· Memberi tanggapan san sambutan positif bagi siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi bagi siswa yang masih malu
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
· Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 3
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Setelah siswa menyebutkan dan menjelaskan teori sumber energi gerak, siswa melakukan peragaan langsung untuk membuktikan adanya sumber energi gerak .
· Menjelaskan sikap yang harus dilakukan ketika mendapatkan kesulitan dalam pelajaran atau hal lain, baik di sekolah, di rumah atau di tepat lain.
· Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun panjang 23 = .......+ ......
23 = ........+ ...... +
= ........+ .........
= .........
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Memperagakan batere yang dimasukan ke dalam mobil-mobilan, dan akhirnya mobil-mobilan dapat bergerak, lalu batere di buka kembali siswa dapat membuktikan mobil-mobilan tidak dapat bergerak.
· Melakukan peragaan melalui pegas/per dengan cara pulpen yang menggunakan pegas dibuka per/ pegasnya, dan dapat melihat akibatnya. Per/ pegas dimasukkan kembali ke dalam pulpen dan dapat melihat perubahannya. Melihat jungkat-jungkit yang biasa dipakai bermain, jungkai-jungkit dapat bergerak bila di bawahnya ada pegas/ per. Tapi bila pegas/per di ambil apa yang terjadi ?
· Membuat kesimpulan sementara bersama-sama.
· Melalui diskusi sederhana dalam kelompok dan pengalaman , siswa menyebutkan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang dilakukan di sekolah mau pun di rumah.
· Menjelaskan dan melaporkan hasil diskusi.
· Memberi tanggapan terhadap hasil diskusi teman/ siswa dengan memberikan tepuk tangan.
· Menunjukkan nilai tempat pada masing-masing bilangan dengan tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
· Menjumlahkan bilangan yang mempunyai nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan. ( penjumlahan tanpa teknik meminjam)
· Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
· Mengerjakan soal-soal latihan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
· Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Memperhatiakn kalimat yang ditulis guru di papan tulis.
· Memberi tanda untuk huruf yang harus menggunkan huruf besar ( kapital).
· Membaca tiap kalimat dengan suara nyaring.
· Menyalin kalimat dari huruf lepasa ke dalam huruf lepas terlebih dahulu.
· Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun panjang 23 = .......+ ......
15 = ........+ ...... +
= ........+ .........
= .........
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Diawali cerita guru tentang peristiwa yang menyenangkan., memotivasi siswa untuk mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialaminya.
· Menceritakan pengalaman yang menyenangkan kepada teman atau guru dengan cara tidak formal ( antara guru – siswa ). Siswa duduk dengan cara berkelompok.
· Memberi tanggapan san sambutan positif bagi siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi bagi siswa yang masih malu
· Menunjukkan nilai tempat pada masing-masing bilangan dengan tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
· Menjumlahkan bilangan yang mempunyai nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan. ( penjumlahan tanpa teknik meminjam)
· Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
· Mengerjakan soal-soal latihan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
· Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Membaca kalimat yang telah disalin, untuk memeriksa kesalahan dan kekurangannya.
· Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun panjang 32 = .......+ ......
11= ........+ ...... +
= ........+ .........
= .........
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Menyalin kalimat dari huruf lepas ke dalam huruf tegak bersambung.
· Memberi tanda huruf yang menggunakan huruf kapital (awal kalimat, nama orang, nama bulan )
· Menunjukkan nilai tempat pada masing-masing bilangan dengan tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
· Menjumlahkan bilangan yang mempunyai nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan. ( penjumlahan tanpa teknik meminjam)
· Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
· Mengerjakan soal-soal latihan
· Melalui dorongan tangan mencari bukti bahwa meja, kursi dan benda lainnya dapat bergerak,
· Melakukan percobaan dengan magnet dan benda benda dari besi, kaca, kayu kertas.
· Menyusun daftar benda yang dapat ditarik oleh magnet.
· Mengerjakan LKS.
· Melaporkan hasil kerja kelompok.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
· Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit.( Bahasa Indonesia, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Menyimak kalimat yang didiktekan guru.
· Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun panjang 33 = .......+ ......
11= ........+ ...... +
= ........+ .........
= .........
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Mengucapkannya bersama-sama agar tepat dengan penulisannya.
· Menuliskan kalimat (dengan menggunakan tulisan tegak bersambung) yang didiktekan setelah ada aba-aba dari guru.
· Membaca kalimat yang telah ditulis agar sesuai dengan kalimat yang diucapkan guru.
· Menunjukkan nilai tempat pada masing-masing bilangan dengan tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
· Menjumlahkan bilangan yang mempunyai nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan. ( penjumlahan tanpa teknik meminjam)
· Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
· Mengerjakan soal-soal latihan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
· Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun panjang 17 = .......+ ......
12 = ........+ ...... +
= ........+ .........
= .........
· Memperhatikan sebuah puisi yang ditulis di papan tulis.
· Mendeklamasikan/ membaca puisi tersebut dengan cara klasikal.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Menunjukkan nilai tempat pada masing-masing bilangan dengan tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
· Menjumlahkan bilangan yang mempunyai nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan. ( penjumlahan tanpa teknik meminjam)
· Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
· Mengerjakan soal-soal latihan
· Menyalin puisi denga tulisan tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
· Membaca kembali tulisan / salinan puisi tersebut agar dapat diperbaiki bila ada kesalahan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
· Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3x 35 menit (IPS, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia).
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Diawali cerita guru tentang peristiwa yang menyenangkan., memotivasi siswa untuk mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialaminya.
· Melalui peragaan langsung siswa dapat membedakan sumber bunyi yang menguat dan melemah melalui tepukan atau gerakan.
· Memperhatikan sebuah puisi yang ditulis di papan tulis.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
· Menceritakan pengalaman yang menyenangkan kepada teman atau guru dengan cara tidak formal ( antara guru – siswa ). Siswa duduk dengan cara berkelompok.
· Memberi tanggapan san sambutan positif bagi siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi bagi siswa yang masih malu
· Melakukan peragaan, membunyikan alat musik alami, yaitu tepuk tanan, petik jari, tepuk paha, injak bumi dengan teknik menguat dan melemah.
· Meragakan secara langsung benda sebagai sumber bunyi, botol dipukul olh sendok, lonceng, piring, gelas, dengan teknik menguat dan melamah.
· Menggabungkan semua sumber suara dengan irama yang sederhana.
· Melalui peragaan, siswa menyebutkan sumber bunyi yang dapat menguat dan melemah
· Mendeklamasikan/ membaca puisi tersebut dengan cara klasikal.
· Menyalin puisi denga tulisan tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
· Membaca kembali tulisan / salinan puisi tersebut agar dapat diperbaiki bila ada kesalahan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
· Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
· Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
· Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
· Melakukan tanya jawab dengan pemberian reeward.
· Mengerjakan post tes
· Pemberian PR / tugas
· Memberikan pujian sebagai motivasi bagi siswa yang telah aktif dalam kegiatan belajar.
G. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
- Buku Sumber :
· Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
· Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
· Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
· Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
· Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
· Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
· Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
· Alat Peraga :
· Aneka benda yang berbeda bentuk .
· Gambar anak yang sedang berada di rumah, di sekolah..
· Kartu huruf
· Kartu bilangan.
· Puisi anak yang ditulis/dicetak pada kertas untuk dibagikan.
· Alat musik sederhana rebana, bel, botol, gelas, sendok, dll.
· Gambar/ model alat pertanian, pertukangan, dan alat memasak.
Untuk Silabus Berkarakter Budaya dengan TEMA Kebersihan dapat diDownload pada Link di bawah ini !
Posting Komentar
Posting Komentar